Total Tayangan Laman

Minggu, 07 Juli 2013

PENGANGKATAN GURU HONORER DAN GURU BANTU DIPERCEPAT

JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjanjikan pengangkatan guru honorer dan guru bantu menjadi PNS akan dipercepat. Janjinya, ketika presiden mangkat, maka kasus ini akan rampung.

Presiden menjelaskan, sejak 2004 Ibu Negara Ani Yudhoyono sudah menerima ribuan pesan pendek dari guru honorer yang meminta diangkat menjadi PNS. Ada yang marah, setengah marah, bahkan ada yang marah sekali karena lama tidak diangkat menjadi PNS.

"Saya lihat guru honorer belum diangkat. Maka saya buat kebijakan jutaan guru harus diangkat," katanya pada Pembukaan Kongres Guru Nasional di Jakarta, Rabu (3/7/2013).

Presiden yang dianugerahi lencana Maha Dwija Praja Utama oleh PGRI sebagai tokoh yang memperjuangkan martabat guru menyayangkan dalam proses pengangkatan guru honor terjadi banyak masalah. Menurut dia, karena daerah tidak menghitung secara cermat jumlah guru yang mau diangkat maka banyak guru yang dirugikan.

Oleh sebab itu, jelasnya, dia memerintahkan lima kementerian untuk mengurus pengangkatan guru honorer dan bantu ini. Kelimanya ialah Kemendikbud, Kemendagri, Kemenpan dan RB, Kemenag dan Sesneg.

"Saya minta menteri-menteri mengundang gubernur seIndonesia untuk cari solusi dan memecahkan masalah guru bantu dan honorer yang belum diangkat," jelasnya.

Dia meminta, secepatnya ada rapat koordinasi yang baik antara lima kementerian yang ditunjuk dengan pemerintah provinsi. Presiden berharap, tahun depan ketika mengakhiri tugasnya sebagai kepala negara maka nasib guru sudah menjadi lebih baik.

Presiden juga memberikan perhatian khusus tentang guru yang menjadi korban pemilihan kepala daerah. Dia sudah mendengar bahwa guru dimutasi apabila calon kepala daerah itu kalah dalam pemilihan.

"Kalau memang yang menjadi korban, segera laporkan ke mendikbud atau mendagri dengan tembusan ke saya. Setelah melapor adakan konferensi pers bahwa ada perlakuan yang tidak benar," terangnya.

Dia memberikan peringatan ke semua guru, pejabat sekolah dan kepala dinas untuk menjauhkan diri dari politik praktis. Presiden menginginkan, agar seluruh masyarakat menegakkan kehidupan politik yang bermartabat sehingga tidak ada salah satu pihak yang menjadi korban.

Sumber: http://kampus.okezone.com/read/2013/07/03/560/831560/pengangkatan-guru-honorer-jadi-pns-dipercepat  

Sabtu, 06 Juli 2013

CARA MERUBAH DAN MELAKUKAN RESET PASSWORD UNTUK LOGIN SIAP PADAMU NEGERI

Assalamu'alaikum, Mitra Guru Pembaharu menyampaikan salam kenal selalu .Walau belum sukses ketahap VerVal Level 2, tapi sudah lega rasanya mengikuti alur VerVal NUPTK 2013.Karena proses pemutakhiran verifikasi dan validasi (VerVal) NUPTK 2013 ini memerlukan pemahaman dan ketelitian karena peluncuran program ini tidak disertai dengan pelatihan serta sosialisasi dari Dinas Pendidikan Kabupaten / Kota, bahkan Operator Dinas Pendidikan Kabupaten / Kota sendiri ketika diminta informasinya juga kebingungan, yang akhirnya kita sharing satu sama yang lainnya. Tetapi sebenarnya mudah (kalau mengikuti prosedur dan petunjuknya hanya saja perlu kejelian dan ketelitian).Sesuai judul di atas, kali ini Mitra Guru Pembaharu ingin berbagi tentang Cara Merubah dan Melakukan Reset Password yang lupa pada saat PTK login Siap Padamu Negeri.

Pada proses VerVal NUPTK, setelah admin 
mengaktivasi akun dan berhasil login, selanjutnya admin sekolah mengentry formulir A01 PTK dan mencetak tanda bukti verval lv 1. Setelah PTK menerima Tanda Bukti VerVal Lv 1, PTK melakukan aktivasi akun  PTK  yaitu membuat akun baru SIAP Padamu Negeri untuk PTK. Pada saat membuat akun, PTK sebaiknya mencatat user ID yang berupa NUPTK dan password (sifatnya pribadi dan mandiri) untuk login PTK. Sekaligus diminta memasukkan email alternatif (masih aktif). Biasanya pada saat aktivasi akun PTK, password yang dibuat tidak dicatat, email alternatifnya sudahmati, atau lupa, atau bahkan tidak mengerti cara login PTK.
Baiklah berikut ini akan saya berikan cara mudah mengatasi guru lupa password saat Login Siap Padamu Negeri.
Ada 2 cara yang dapat dilakukan ketika tidak bisa login karena lupa password :
1.     Reset Password melalui Operator Sekolah / Admin Sekolah (password standar / kode aktivasi)
2.     Reset Password PTK Secara Mandiri Melalui Email Alternatif.

PERTAMA : Reset Password Oleh Operator / Admin Sekolah (Password Standar / Kode Aktivasi)

Buka Padamu Negeri dengan Akun Admin Sekolah Kemudian klik menu Verifikasi dan Validasi. Seperti gambar berikut :


Klik Verifikasi & Validasi (panah merah) maka akan muncul sbb :

 Kemudian Klik Daftar Status Verval NUPTK yang ditunjukkan tanda pana,pada halaman tersebut, pilih dan klik Daftar Status VerVal NUPTK...akan muncul daftar nama PTK yang sudah diverval 



Cari nama PTK yang akan di Resert Passwordnya ikuti tanda panah dan pada daftar status verval pilih nama pendidik dan tenaga kependidikan yang akan direset passwordnya, caranya klik tanda panah di sebelah kanan dan akan ada pilihan apakah akan cetak ulang tanda bukti atau atur ulang password. Pilih dan klik Atur Ulang Password, maka akan muncul pertanyaan konfirmasi apakah anda ingin mengatur ulang password PTK seperti berikut ini..
Pilih "Ya" untuk mereset ulang password, lalu siapkan printer untuk mencetak surat tanda bukti password baru atau surat pemberitahuan reset password PTK. Kalau sudah diprint maka operator akan mendapatkan Surat Pemberitahun Reset / Pengaturan Ulang Password yang berisi User_ID berupa NUPTK, Nama PTK dan Password Baru yang dapat digunakan untuk login PTK sebagai pengganti password yang lupa atau hilang, seperti contoh dibawah ini



Nah...kalau sudah ada pengganti password baru tersebut, operator segera memberikan surat tersebut kepada PTK yang lupa password. Lalu silakan PTK melakukan login di http://padamu.siap.web.id/ dan simpan surat password baru tersebut dan catat password baru tersebut, jangan sampai hilang lagi atau lupa lagi.
Bagi PTK yang sudah menerima print out password hasil resert dari Admin / Operato sekolah dapat melanjutkan dengan membuka Padamu Negeri :
http://padamu.siap.web.id/ kemudian Klik Login PTK seperti gambar dibawah ini :



 Setelah PTK melakukan Login maka masukkan nomor NUPTK dan Password hasil reset tadi seperti gambar dibawah ini :
Setelah terbuka seperti gambar dibawah ini segera lakukan Cek Data, Isi Angket EDS, Isian Data Rinci dan Verifikasi Data Anda ( Ajuan Verval LV.2 )


Bagi PTK silahkan melanjutkan membuka Pangaturan Akun ( tanda bintang sebelah kanan atas ) kemudian Klik Kelola Akun seperti nampak pada gambar dibawah ini ( panah merah ).

CATATAN : Bagi PTK yang akan merubah / mengganti passwordnya dapat dimulai dari langkah ini.
Pilih username yang tersedia kemudian simpan (username hanya dapat dipilh satu kali saja)


Kemudian arahkan mouse pada email untuk mengisi email alternatif (masukkan email anda/pribadi yang masih aktif, yang sewaktu – waktu dapat dipergunakan PTK untuk menerima informasi dari Admin Siap Padamu Negeri.


Arahkan kembali mouse anda pada pilihan Kata Sandi ( Password ), setelah terbuka masukkan password reset anda kolom paling atas kemudian masukkan password baru anda sesuai keinginan yang tentunya mudah di ingat dan harus disimpan dan jangan sampai lupa apalagi sampai hilang, seperti gambar dibawah ini :


Kalau  sudah selesai arahkan kembali mouse anda pada Pertanyaan Keamanan, hal ini perlu anda lakukan sebab akan menjaga keamanan Akun anda dari orang/pihak lain yang ingin membuka ataupun merubahnya tanpa sepengetahuan anda. Buat pertanyaan dan jawaban sesuai keinginan anda kemudian simpan, yang orang lain tidak mengetahui, seperti gambar dibawah ini.


Sekarang anda sudah siap menggunakan password baru anda, silahkan keluar dari  login anda kemudian masuk kembali ke: http://118.98.222.83/ atau http://siapku.com/ atau http://padamu.siap.web.id/ kemudian login dengan password yang baru anda buat.


KEDUA : Reset Password PTK Secara Mandiri Melalui Email Alternatif

Bagi PTK yang lupa password pada waktu aktivasi sehingga tidak bisa login Siap Padamu Negeri bisa mengikuti alur yang akan saya paparkan dibawah ini sehingga PTK dapat melakukannya secara mandiri di rumah ataupun di warnet tanpa bantuan Admin / Operator sekolah.
Buka webset Padamu Negeri : http://118.98.222.83/ atau http://siapku.com/ atau http://padamu.siap.web.id/



Setelah anda login maka terbuka seperti nampak pada gambar dibawah dan arahkan mouse anda pada lupa password (panah merah)


 Setelah anda Klik lupa password maka terbuka ( gambar  dibawah), kemudian masukkan email anda yang masih aktif dan ketik ulang sandi / kode captha yamg muncul kemudian Klik Kirim.


Maka munculah Konfirmasi dari Admin Padamu Negeri (kami telah menerima permintaan resert password anda dan telah kami kirimkan pada email yang baru anda tuliskan dan ikuti petunjuknya ) seperti gambar dibawah ini.


 Bukalah email masuk anda (yahoo ataupun goggle) yang masih aktif sesuai yang anda tuliskan diatas.Gambar dibawah (panah merah) menunjukkan email masuk yang telah dikirim oleh Admin Padamu Negeri.


Setelah anda buka email anda maka muncul alamat baru yang harus anda buka sesuai alamat tersebut (klik kanan copy kemudian paste pada tab baru kemudian enter)


Setelah alamat baru tersebut terbuka (nampak gambar dibawah), maka masukkan password baru yang akan anda gunakan (mudah di ingat dan catat kemudian simpan), kemudian Klik Kirim


 Setelah anda klik kirim maka terbuka lagi (gambar dibawah), bahwa anda telah berhasil melakukan reset password secara mandiri dan gunakan password tersebut untuk Login Siap Padamu Negeri (panah merah).


 Gambar Login Siap

Sudah Login dan masuk pada Komunitas Padamu


Login Padamu Negeri
(Ada empat tahapan yang harus diselesaikan agar NUPTK menjadi Aktif Permanen Tahun 2013)


 DemikianlahCara Merubah Dan Mereset Password untuk mengatasi masalah LUPA PASSWORD saat PTK melakukan login di Siap Padamu Negeri. Semoga bermanfaat, terima kasih, salam Persahabatan, salam Mitra Guru Pembaharu.
Jangan lupa dengan Kritik Dan Sarannya.


Kamis, 04 Juli 2013

Beberapa Cara Untuk Masuk / Login Siap dan Login Padamu Bagi PTK dan Operator Sekolah.

Mitra Guru Pembaharu (blogernya Orang desa / Lumajang Jawa Timur) menyampaikan Salam Kenal untuk OPR dan PTK semua, dan bagi OPR dan PTK yang baru membuka blog ini anda dapat membuka di Arsip Blog yang kami tulis antara tgl 26 Mei s/d 2 Juni 2013 tentang VERVAL NUPTK serta alurnya.
Jangan lupa tulis kritik serta sarannya untuk pembelajaran dan penyempurnaan, karena menyadari wong ndeso perlu banyak belajar.
Mitra Guru Pembaharu hari ini akan menyampaikan berita karena sudah dua minggu http://padamu.kemdikbud.go.id/ tidak dapat dibuka karena dari seluruh pelosok tanah air mengaksesnya, dan mungkin kelebihan beban / overload.

Untuk itu Mitra Guru Pembaharu menyampaikan beberapa cara untuk masuk / login Padamu Negeri.

Pertama : Buka Padamu Negeri dengan alamat alternatif : http://118.98.222.83/
Bagi OPR sekolah yang akan mengunduh Formulir : AO1, AO2, AO3, AO4, AO5 dan AO6 gunakan alamat alternatif tsb, dan bagi PTK yang akan Aktivasi Akun dapat membuka alamat ini, http://padamu.siap.web.id


Kedua : Bagi OPR dan PTK yang akan Login dapat menggunakan LOGIN SIAP dan LOGIN PADAMU dengan membuka alamat ini.  http://siapku.com/



Untuk Login Siap klik pada Login seperti gambar dibawah ini



 Masukkan no NUPTK anda dan Password yang telah anda tulis pada waktu aktivasi,



Kemudian akan terbuka seperti gambar dibawah ini dan anda sudah login (Aktivitas Guru). Andapun dapat langsung membuka Padamu dengan klik tanda panah


 Masukkan pula NUPT + Password anda sama seperti membuka Login Siap.


Baru terbuka (1).Data Verval.LV1, (2) EDS, (3) Data Rinci dan (4) Verivikasi Data Anda, seperti gambar dibawah ini.


SELAMAT MENCOBA DAN SUKSES SELALU !

Minggu, 30 Juni 2013

JENIS DAN RINCIAN BIDANG STUDY GURU HONORER K.2


Mitra Guru Pembaharu menyampaikan kabar baru tentang Jenis dan Rincian Bidang  Study Guru Honorer K.2 yang dirilis dari BKN. Berikut ini surat BKN yang ditujukan kepada Kepala Biro Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Biro Kementerian Agama, dan Kepala Bdan Kepegawaian Daerah Provinsi / Kabupaten / Kota perihal kelengkapan Jenis dan Rincian Bidang Study Guru Tenaga Honorer K.2, yang mana surat pengantar dan hasil penelitian tersebut harus disampaikan paling lambat tanggal 10 Juli 2013, melalui email.  satgashonorer@gmail.com.

Demikian untuk dimaklumi dan atas perhatiannya diucapkan terimakasih
Unduh:
Download this file (deputiINKA6.jpg)deputiINKA6.jpg253 Kb
[selengkapnya]

Sumber : BKN

Sabtu, 29 Juni 2013

PENGAJUAN NUPTK BARU 2013


Salam persahabatan, hari ini Mitra Guru Pembaharu membawa info baru tentang  cara Pengajuan NUPTK. Melalui Layanan Sistem Informasi Padamu Negeri sudah diterbitkan layanan khusus untuk Pengajuan NUPTK Baru secara Online. Layanan ini hanya berlaku bagi para PTK yang belum pernah mengajukan NUPTK atau sudah pernah mengajukan namun belum keluar NUPTK nya.
Persyaratan Untuk Memperoleh NUPTK, sbb :
Ø  Bertugas sebagai guru,kepala sekolah, dan pengawas pada jenjang TK, SD, SMP,SLB,SMA dan SMK di sekolah dalam binaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Ø  Memiliki Status Kepegawaian PNS / CPNS maupun Non PNS.
Ø  Bagi PTK yang Non PNS harus memenuhi syarat :
o   Bila bertugas disekolah negeri harus dibuktikan dengan SK Pengangkatan dari Bupati / Walikota.

o   Bila bertugas di sekolah swasta memiliki SK Pengangkatan Guru Tetap Yayasan (GTY) selama 4 tahun berturut-turut (terhitung mulai 1 Januari 2009) yang ditandatangani oleh Ketua Yayasan.



FORMULIR REGISTRASI PTK BARU

Alur Prosedur Registrasi PTK dan Pengajuan NUPTK Baru termasuk persyaratannya dapat dipelajari lebih lanjut di http://padamu.kemdikbud.go.id/#!/alur#alur6

Sumber : PADAMU NEGERI

Kamis, 27 Juni 2013

Email khusus PNS di PNSMail

Cara Membuat Email Khusus PNS di PNSMail
Kabar baru dari Mitra Guru Pembaharu tentang email wajib bagi PNS.Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) menganjurkan seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Indonesia membuat dan menggunakan layanan email PNSmail. Hal ini sesuai dengan surat edaran Menteri PAN-RB. Diharapkan mulai 1 Januari 2014 untuk komunikasi persuratan elektronik dalam kegiatan kedinasan menggunakan email PNSMail. Layanan ini khusus diperuntukkan untuk PNS.

Penggunaan layanan email, termasuk yang dimiliki oleh pihak asing beresiko dan tidak aman dalam konteks kerahasiaan data dan informasi negara. Untuk itulah, seluruh instansi pemerintah diminta menggunakan alamat email resmi PNSMail. Email dengan domain @pnsmail.go.id ini bisa dibuat di www.pnsmail.go.id. Untuk membuat email di PNSMail sama seperti membuat email di layanan serupa.

Bedanya, untuk membuat email di PNSMail ini harus menggunakan username yang mencerminkan nama lengkap. Penggunaan username yang tidak mencerminkan nama lengkap tidak akan disetujui. Formatnya namadepan.namabelakang@pnsmail.go.id, dan sebagai contoh jika namanya Muhammad Amin maka username yang digunakan adalahmuhammad.amin@pnsmail.go.id. Mitra Guru Pembaharu ingin membantu rekan - rekan PNS tentang tata cara membuat email di PNSMail dan semoga bermanfaat.

Langkah-Langkah Membuat Email Khusus PNS di PNSMail
1. Kunjungi http://www.pnsmail.go.id/ lalu klik tombol Daftar yang ada di pojok atas.




2. Setelah itu, akan muncul Formulir Pendaftaran PNSMail, isi dan lengkapi semua data yang diminta tersebut dengan benar.




3. Setelah semua data selesai diisi, klik Daftar. Email tidak langsung jadi, harus menunggu pengaktifan akun dari admin PNSMail.


PNSMail merupakan fasilitas email gratis yang diperuntukkan bagi Pegawai Negeri Sipil di seluruh Indonesia. PNSMail memiliki fitur-fitur yang sangat menarik, di antaranya:

  • Kapasitas penyimpanan mulai dari 1 GB (Bisa ditingkatkan sesuai kebutuhan)
  • Portal Email untuk email eksternal
  • Proteksi spam dan virus
  • Akses PNSMail dari PDA, tablet, dan ponsel




Sumber:
 www.pnsmail.go.id

Rabu, 26 Juni 2013

Cara Mengisi Angket EDS Padamu Negeri



Salam dari Mitra Guru Pembaharu, Selamat Libur Panjang dan Selamat Menyongsong Bulan Suci Ramadhon
Kali ini Mitra Guru Pembaharu akan berbagi tentang bagaimana cara mengisi EDS Padamu Negeri. Bagi seluruh Operator Sekolah selamat bekerja Extra meskipun dalam libur panjang masih giat bekerja dan selalu membuka web. Padamu Negeri. Semoga tulisan kali ini bermanfaat dan jangan lupa tulis kritik serta sarannya.
Bagi PTK yang sudah Aktivasi Akun Padamu jangan lupa menyimpan passward yang telah anda tulis karena sifatnya mandiri dan pribadi dan apabila anda lupa harus melakukan proses resert passward.

Buka http://padamu,siap.web.id kemudian login dan buka Login PTK


Setelah terbuka Login Padamu masukkan no NUPTK anda disertai dengan passward yang tersimpan pada waktu aktivasi PTK.


Kemudian akan terbuka dialog BPSDMPK-PMP Kemdikbud menyatakan NUPTK Anda sementaradiaktifkan danmucul empat kolom : Cek Data, Isi Angket, Isi Data dan Cetak Ajuan


Untuk memastikan data anda benar lebih baik buka dulu Cek Data, apabila terjadi kesalahan atau tidak sesuai data anda segera hubungi Admin Sekolah Anda


Apabila data anda sudah sesuai maka silahkan buka Isi Angket ( kolom kedua), bagi Kepala Sekolah ada 42 pertanyaan yang harus di isi dan bagi PTK ada56 pertanyaan yang semua merupakan satu kesatuan dari Delapan Standard Pendidikan.



Isian data PTK tersebut harus berurutan dan tidak diperbolehkan mengisi kolom tiga (Isi Data) dan tuntaskan dulu Isi Angketnya. Anda diperbolehkan menunda isi angketnya kemudian simpan dan dilain hari anda dapat melanjutkan kembali.


Jika seluruh Isi Angket sudah terisi anda dapat melanjutkan ke Isi Data kolom tiga, akan tetapi ada permohonan maaf dari Admin Padamu Negeri bahwa pengisian Data Rinci  PTK baru dapat dilakukan mulai bulan Juli


Demikian yang kami sampaikan semoga bermanfaat. Sekali lagi kirim kritik dan sarannya.

Jumat, 14 Juni 2013

Entry Formulir AO1 Verval NUPTK Level 1

Salam dari Mitra Guru Pembaharu, hari ini menyampaikan cara Entry Data Formulir AO1, pertama buka http://padamu.siap.web.id /login, masuk pada login sekolah setelah lembaga / operator menerima Aktivasi Akun Sekolah; Ikuti alur gambar berikut ini:


Setelah melakukan Login Sekolah dengan benar maka akan terbuka Verifikasi Validasi seperti gambar dibawah ini:


Kemudian masuk pada Entry Formulir AO1



Kemudian akan terbuka

Verifikasi Pendidik & Tenaga Kependidikan


Dan silahkan Operator Sekolah untuk mengisi data PTK yang dimulai dengan Kode Formulir yang masing - masing PTK tidak sama, satu persatu :

Kalau entry data sudah benar maka akan muncul Surat Tanda Bukti VerVal NUPTK LV.1
Selamat mencoba, SEMOGA BERHASIL