Halaman

Total Tayangan Halaman

Sabtu, 06 Juli 2013

CARA MERUBAH DAN MELAKUKAN RESET PASSWORD UNTUK LOGIN SIAP PADAMU NEGERI

Assalamu'alaikum, Mitra Guru Pembaharu menyampaikan salam kenal selalu .Walau belum sukses ketahap VerVal Level 2, tapi sudah lega rasanya mengikuti alur VerVal NUPTK 2013.Karena proses pemutakhiran verifikasi dan validasi (VerVal) NUPTK 2013 ini memerlukan pemahaman dan ketelitian karena peluncuran program ini tidak disertai dengan pelatihan serta sosialisasi dari Dinas Pendidikan Kabupaten / Kota, bahkan Operator Dinas Pendidikan Kabupaten / Kota sendiri ketika diminta informasinya juga kebingungan, yang akhirnya kita sharing satu sama yang lainnya. Tetapi sebenarnya mudah (kalau mengikuti prosedur dan petunjuknya hanya saja perlu kejelian dan ketelitian).Sesuai judul di atas, kali ini Mitra Guru Pembaharu ingin berbagi tentang Cara Merubah dan Melakukan Reset Password yang lupa pada saat PTK login Siap Padamu Negeri.

Pada proses VerVal NUPTK, setelah admin 
mengaktivasi akun dan berhasil login, selanjutnya admin sekolah mengentry formulir A01 PTK dan mencetak tanda bukti verval lv 1. Setelah PTK menerima Tanda Bukti VerVal Lv 1, PTK melakukan aktivasi akun  PTK  yaitu membuat akun baru SIAP Padamu Negeri untuk PTK. Pada saat membuat akun, PTK sebaiknya mencatat user ID yang berupa NUPTK dan password (sifatnya pribadi dan mandiri) untuk login PTK. Sekaligus diminta memasukkan email alternatif (masih aktif). Biasanya pada saat aktivasi akun PTK, password yang dibuat tidak dicatat, email alternatifnya sudahmati, atau lupa, atau bahkan tidak mengerti cara login PTK.
Baiklah berikut ini akan saya berikan cara mudah mengatasi guru lupa password saat Login Siap Padamu Negeri.
Ada 2 cara yang dapat dilakukan ketika tidak bisa login karena lupa password :
1.     Reset Password melalui Operator Sekolah / Admin Sekolah (password standar / kode aktivasi)
2.     Reset Password PTK Secara Mandiri Melalui Email Alternatif.

PERTAMA : Reset Password Oleh Operator / Admin Sekolah (Password Standar / Kode Aktivasi)

Buka Padamu Negeri dengan Akun Admin Sekolah Kemudian klik menu Verifikasi dan Validasi. Seperti gambar berikut :


Klik Verifikasi & Validasi (panah merah) maka akan muncul sbb :

 Kemudian Klik Daftar Status Verval NUPTK yang ditunjukkan tanda pana,pada halaman tersebut, pilih dan klik Daftar Status VerVal NUPTK...akan muncul daftar nama PTK yang sudah diverval 



Cari nama PTK yang akan di Resert Passwordnya ikuti tanda panah dan pada daftar status verval pilih nama pendidik dan tenaga kependidikan yang akan direset passwordnya, caranya klik tanda panah di sebelah kanan dan akan ada pilihan apakah akan cetak ulang tanda bukti atau atur ulang password. Pilih dan klik Atur Ulang Password, maka akan muncul pertanyaan konfirmasi apakah anda ingin mengatur ulang password PTK seperti berikut ini..
Pilih "Ya" untuk mereset ulang password, lalu siapkan printer untuk mencetak surat tanda bukti password baru atau surat pemberitahuan reset password PTK. Kalau sudah diprint maka operator akan mendapatkan Surat Pemberitahun Reset / Pengaturan Ulang Password yang berisi User_ID berupa NUPTK, Nama PTK dan Password Baru yang dapat digunakan untuk login PTK sebagai pengganti password yang lupa atau hilang, seperti contoh dibawah ini



Nah...kalau sudah ada pengganti password baru tersebut, operator segera memberikan surat tersebut kepada PTK yang lupa password. Lalu silakan PTK melakukan login di http://padamu.siap.web.id/ dan simpan surat password baru tersebut dan catat password baru tersebut, jangan sampai hilang lagi atau lupa lagi.
Bagi PTK yang sudah menerima print out password hasil resert dari Admin / Operato sekolah dapat melanjutkan dengan membuka Padamu Negeri :
http://padamu.siap.web.id/ kemudian Klik Login PTK seperti gambar dibawah ini :



 Setelah PTK melakukan Login maka masukkan nomor NUPTK dan Password hasil reset tadi seperti gambar dibawah ini :
Setelah terbuka seperti gambar dibawah ini segera lakukan Cek Data, Isi Angket EDS, Isian Data Rinci dan Verifikasi Data Anda ( Ajuan Verval LV.2 )


Bagi PTK silahkan melanjutkan membuka Pangaturan Akun ( tanda bintang sebelah kanan atas ) kemudian Klik Kelola Akun seperti nampak pada gambar dibawah ini ( panah merah ).

CATATAN : Bagi PTK yang akan merubah / mengganti passwordnya dapat dimulai dari langkah ini.
Pilih username yang tersedia kemudian simpan (username hanya dapat dipilh satu kali saja)


Kemudian arahkan mouse pada email untuk mengisi email alternatif (masukkan email anda/pribadi yang masih aktif, yang sewaktu – waktu dapat dipergunakan PTK untuk menerima informasi dari Admin Siap Padamu Negeri.


Arahkan kembali mouse anda pada pilihan Kata Sandi ( Password ), setelah terbuka masukkan password reset anda kolom paling atas kemudian masukkan password baru anda sesuai keinginan yang tentunya mudah di ingat dan harus disimpan dan jangan sampai lupa apalagi sampai hilang, seperti gambar dibawah ini :


Kalau  sudah selesai arahkan kembali mouse anda pada Pertanyaan Keamanan, hal ini perlu anda lakukan sebab akan menjaga keamanan Akun anda dari orang/pihak lain yang ingin membuka ataupun merubahnya tanpa sepengetahuan anda. Buat pertanyaan dan jawaban sesuai keinginan anda kemudian simpan, yang orang lain tidak mengetahui, seperti gambar dibawah ini.


Sekarang anda sudah siap menggunakan password baru anda, silahkan keluar dari  login anda kemudian masuk kembali ke: http://118.98.222.83/ atau http://siapku.com/ atau http://padamu.siap.web.id/ kemudian login dengan password yang baru anda buat.


KEDUA : Reset Password PTK Secara Mandiri Melalui Email Alternatif

Bagi PTK yang lupa password pada waktu aktivasi sehingga tidak bisa login Siap Padamu Negeri bisa mengikuti alur yang akan saya paparkan dibawah ini sehingga PTK dapat melakukannya secara mandiri di rumah ataupun di warnet tanpa bantuan Admin / Operator sekolah.
Buka webset Padamu Negeri : http://118.98.222.83/ atau http://siapku.com/ atau http://padamu.siap.web.id/



Setelah anda login maka terbuka seperti nampak pada gambar dibawah dan arahkan mouse anda pada lupa password (panah merah)


 Setelah anda Klik lupa password maka terbuka ( gambar  dibawah), kemudian masukkan email anda yang masih aktif dan ketik ulang sandi / kode captha yamg muncul kemudian Klik Kirim.


Maka munculah Konfirmasi dari Admin Padamu Negeri (kami telah menerima permintaan resert password anda dan telah kami kirimkan pada email yang baru anda tuliskan dan ikuti petunjuknya ) seperti gambar dibawah ini.


 Bukalah email masuk anda (yahoo ataupun goggle) yang masih aktif sesuai yang anda tuliskan diatas.Gambar dibawah (panah merah) menunjukkan email masuk yang telah dikirim oleh Admin Padamu Negeri.


Setelah anda buka email anda maka muncul alamat baru yang harus anda buka sesuai alamat tersebut (klik kanan copy kemudian paste pada tab baru kemudian enter)


Setelah alamat baru tersebut terbuka (nampak gambar dibawah), maka masukkan password baru yang akan anda gunakan (mudah di ingat dan catat kemudian simpan), kemudian Klik Kirim


 Setelah anda klik kirim maka terbuka lagi (gambar dibawah), bahwa anda telah berhasil melakukan reset password secara mandiri dan gunakan password tersebut untuk Login Siap Padamu Negeri (panah merah).


 Gambar Login Siap

Sudah Login dan masuk pada Komunitas Padamu


Login Padamu Negeri
(Ada empat tahapan yang harus diselesaikan agar NUPTK menjadi Aktif Permanen Tahun 2013)


 DemikianlahCara Merubah Dan Mereset Password untuk mengatasi masalah LUPA PASSWORD saat PTK melakukan login di Siap Padamu Negeri. Semoga bermanfaat, terima kasih, salam Persahabatan, salam Mitra Guru Pembaharu.
Jangan lupa dengan Kritik Dan Sarannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar