Total Tayangan Laman

Minggu, 30 Juni 2013

JENIS DAN RINCIAN BIDANG STUDY GURU HONORER K.2


Mitra Guru Pembaharu menyampaikan kabar baru tentang Jenis dan Rincian Bidang  Study Guru Honorer K.2 yang dirilis dari BKN. Berikut ini surat BKN yang ditujukan kepada Kepala Biro Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Biro Kementerian Agama, dan Kepala Bdan Kepegawaian Daerah Provinsi / Kabupaten / Kota perihal kelengkapan Jenis dan Rincian Bidang Study Guru Tenaga Honorer K.2, yang mana surat pengantar dan hasil penelitian tersebut harus disampaikan paling lambat tanggal 10 Juli 2013, melalui email.  satgashonorer@gmail.com.

Demikian untuk dimaklumi dan atas perhatiannya diucapkan terimakasih
Unduh:
Download this file (deputiINKA6.jpg)deputiINKA6.jpg253 Kb
[selengkapnya]

Sumber : BKN

Sabtu, 29 Juni 2013

PENGAJUAN NUPTK BARU 2013


Salam persahabatan, hari ini Mitra Guru Pembaharu membawa info baru tentang  cara Pengajuan NUPTK. Melalui Layanan Sistem Informasi Padamu Negeri sudah diterbitkan layanan khusus untuk Pengajuan NUPTK Baru secara Online. Layanan ini hanya berlaku bagi para PTK yang belum pernah mengajukan NUPTK atau sudah pernah mengajukan namun belum keluar NUPTK nya.
Persyaratan Untuk Memperoleh NUPTK, sbb :
Ø  Bertugas sebagai guru,kepala sekolah, dan pengawas pada jenjang TK, SD, SMP,SLB,SMA dan SMK di sekolah dalam binaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Ø  Memiliki Status Kepegawaian PNS / CPNS maupun Non PNS.
Ø  Bagi PTK yang Non PNS harus memenuhi syarat :
o   Bila bertugas disekolah negeri harus dibuktikan dengan SK Pengangkatan dari Bupati / Walikota.

o   Bila bertugas di sekolah swasta memiliki SK Pengangkatan Guru Tetap Yayasan (GTY) selama 4 tahun berturut-turut (terhitung mulai 1 Januari 2009) yang ditandatangani oleh Ketua Yayasan.



FORMULIR REGISTRASI PTK BARU

Alur Prosedur Registrasi PTK dan Pengajuan NUPTK Baru termasuk persyaratannya dapat dipelajari lebih lanjut di http://padamu.kemdikbud.go.id/#!/alur#alur6

Sumber : PADAMU NEGERI

Kamis, 27 Juni 2013

Email khusus PNS di PNSMail

Cara Membuat Email Khusus PNS di PNSMail
Kabar baru dari Mitra Guru Pembaharu tentang email wajib bagi PNS.Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) menganjurkan seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Indonesia membuat dan menggunakan layanan email PNSmail. Hal ini sesuai dengan surat edaran Menteri PAN-RB. Diharapkan mulai 1 Januari 2014 untuk komunikasi persuratan elektronik dalam kegiatan kedinasan menggunakan email PNSMail. Layanan ini khusus diperuntukkan untuk PNS.

Penggunaan layanan email, termasuk yang dimiliki oleh pihak asing beresiko dan tidak aman dalam konteks kerahasiaan data dan informasi negara. Untuk itulah, seluruh instansi pemerintah diminta menggunakan alamat email resmi PNSMail. Email dengan domain @pnsmail.go.id ini bisa dibuat di www.pnsmail.go.id. Untuk membuat email di PNSMail sama seperti membuat email di layanan serupa.

Bedanya, untuk membuat email di PNSMail ini harus menggunakan username yang mencerminkan nama lengkap. Penggunaan username yang tidak mencerminkan nama lengkap tidak akan disetujui. Formatnya namadepan.namabelakang@pnsmail.go.id, dan sebagai contoh jika namanya Muhammad Amin maka username yang digunakan adalahmuhammad.amin@pnsmail.go.id. Mitra Guru Pembaharu ingin membantu rekan - rekan PNS tentang tata cara membuat email di PNSMail dan semoga bermanfaat.

Langkah-Langkah Membuat Email Khusus PNS di PNSMail
1. Kunjungi http://www.pnsmail.go.id/ lalu klik tombol Daftar yang ada di pojok atas.




2. Setelah itu, akan muncul Formulir Pendaftaran PNSMail, isi dan lengkapi semua data yang diminta tersebut dengan benar.




3. Setelah semua data selesai diisi, klik Daftar. Email tidak langsung jadi, harus menunggu pengaktifan akun dari admin PNSMail.


PNSMail merupakan fasilitas email gratis yang diperuntukkan bagi Pegawai Negeri Sipil di seluruh Indonesia. PNSMail memiliki fitur-fitur yang sangat menarik, di antaranya:

  • Kapasitas penyimpanan mulai dari 1 GB (Bisa ditingkatkan sesuai kebutuhan)
  • Portal Email untuk email eksternal
  • Proteksi spam dan virus
  • Akses PNSMail dari PDA, tablet, dan ponsel




Sumber:
 www.pnsmail.go.id

Rabu, 26 Juni 2013

Cara Mengisi Angket EDS Padamu Negeri



Salam dari Mitra Guru Pembaharu, Selamat Libur Panjang dan Selamat Menyongsong Bulan Suci Ramadhon
Kali ini Mitra Guru Pembaharu akan berbagi tentang bagaimana cara mengisi EDS Padamu Negeri. Bagi seluruh Operator Sekolah selamat bekerja Extra meskipun dalam libur panjang masih giat bekerja dan selalu membuka web. Padamu Negeri. Semoga tulisan kali ini bermanfaat dan jangan lupa tulis kritik serta sarannya.
Bagi PTK yang sudah Aktivasi Akun Padamu jangan lupa menyimpan passward yang telah anda tulis karena sifatnya mandiri dan pribadi dan apabila anda lupa harus melakukan proses resert passward.

Buka http://padamu,siap.web.id kemudian login dan buka Login PTK


Setelah terbuka Login Padamu masukkan no NUPTK anda disertai dengan passward yang tersimpan pada waktu aktivasi PTK.


Kemudian akan terbuka dialog BPSDMPK-PMP Kemdikbud menyatakan NUPTK Anda sementaradiaktifkan danmucul empat kolom : Cek Data, Isi Angket, Isi Data dan Cetak Ajuan


Untuk memastikan data anda benar lebih baik buka dulu Cek Data, apabila terjadi kesalahan atau tidak sesuai data anda segera hubungi Admin Sekolah Anda


Apabila data anda sudah sesuai maka silahkan buka Isi Angket ( kolom kedua), bagi Kepala Sekolah ada 42 pertanyaan yang harus di isi dan bagi PTK ada56 pertanyaan yang semua merupakan satu kesatuan dari Delapan Standard Pendidikan.



Isian data PTK tersebut harus berurutan dan tidak diperbolehkan mengisi kolom tiga (Isi Data) dan tuntaskan dulu Isi Angketnya. Anda diperbolehkan menunda isi angketnya kemudian simpan dan dilain hari anda dapat melanjutkan kembali.


Jika seluruh Isi Angket sudah terisi anda dapat melanjutkan ke Isi Data kolom tiga, akan tetapi ada permohonan maaf dari Admin Padamu Negeri bahwa pengisian Data Rinci  PTK baru dapat dilakukan mulai bulan Juli


Demikian yang kami sampaikan semoga bermanfaat. Sekali lagi kirim kritik dan sarannya.

Jumat, 14 Juni 2013

Entry Formulir AO1 Verval NUPTK Level 1

Salam dari Mitra Guru Pembaharu, hari ini menyampaikan cara Entry Data Formulir AO1, pertama buka http://padamu.siap.web.id /login, masuk pada login sekolah setelah lembaga / operator menerima Aktivasi Akun Sekolah; Ikuti alur gambar berikut ini:


Setelah melakukan Login Sekolah dengan benar maka akan terbuka Verifikasi Validasi seperti gambar dibawah ini:


Kemudian masuk pada Entry Formulir AO1



Kemudian akan terbuka

Verifikasi Pendidik & Tenaga Kependidikan


Dan silahkan Operator Sekolah untuk mengisi data PTK yang dimulai dengan Kode Formulir yang masing - masing PTK tidak sama, satu persatu :

Kalau entry data sudah benar maka akan muncul Surat Tanda Bukti VerVal NUPTK LV.1
Selamat mencoba, SEMOGA BERHASIL

Selasa, 11 Juni 2013

Buku Pegangan Kurikulum 2013 Nantinya Dapat Diakses di Rumah Belajar



Salam dari Mitra Guru Pembaharu yang hari ini menyampaikan kabar tentang Buku pegangan Kurikulum 2013 nantinya dapat juga diakses melalui laman Rumah Belajar dengan alamathttp://belajar.kemdikbud.go.id. "Naskah buku pegangan sudah siap, setelah nanti diserahkan ke percetakan, akan dipublikasikan juga di Rumah Belajar," ujar Kepala Unit Implementasi Kurikulum Pusat, Kemdikbud Tjipto Sumadi, di Jakarta, Senin (10/6/2013).
Dalam implementasi Kurikulum 2013 ini pemerintah akan mencetak buku dan membagikan secara gratis, sebanyak jumlah peserta didik sasaran implementasi. Buku pegangan terdiri dari buku pegangan untuk siswa dan buku pegangan guru dan naskah buku-buku tersebut telah selesai, kata Tjipto.
Seperti telah diberitakan sebelumnya, untuk jenjang SD kelas 1 disiapkan sebanyak 10 buku untuk dua semester. Untuk kelas 1 ada sebanyak delapan buku tema ditambah dengan buku agama. Namun, buku yang dicetak saat ini baru untuk semester 1 sebanyak 5 buku masing-masing terdiri atas satu buku agama dan empat buku tema.
Adapun buku untuk jenjang SMP meliputi agama, PKN, bahasa Indonesia, matematika, IPA, IPS, seni budaya, prakarya, bahasa Inggris, serta pendidikan jasmani, olah raga, dan kesehatan. Sementara untuk jenjang SMA ada sembilan mata pelajaran yang wajib, tetapi yang dicetak baru tiga mata pelajaran yaitu sejarah, bahasa Indonesia, dan matematika.
Terkait dengan dokumen Kurikulum 2013, Tjipto mengatakan bahwa segera setelah ditandatangani oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, dapat dipublikasikan ke masyarakat luas. "Standar Isi Jumat (7/6) kemarin sudah ditandatangani BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan -red), dokumen Kurikulum 2013 segera akan dipublikasikan setelah ditandatangani Pak Menteri," ujar dosen Universitas Negeri Jakarta tersebut. (NW)

Media Pembelajaran Matematika Tsubasa Meter

Media Pembelajaran Matematika Tsubasa Meter
Matematika merupakan mata pelajaran yang dianggap sebagai mata pelajaran yang berat untuk dipelajari dari tingkatan Sekolah dasar (SD) sampai dengan sekolah menengah atas (SMA). Sampai-sampai mendengar namanya saja anak didik sudah alergi. Apalagi mereka harus mengikuti pelajaran matematika di kelas, materi yang diajarkan guru mustahil dapat diserap baik oleh anak didik.

Sebagaimana diungkapkan Frans Susilo (dalam Abdul Halim Fathani, 2009: 1), bahwa kebanyakan sifat negatif terhadap matematika tersebut timbul karena kesalahpahaman atau pandangan yang keliru terhadap matematika. Sehingga menjadi sebuah pekerjaan penting bagi guru untuk mengubah pandangan tersebut.

Pembelajaran matematika di sekolah dasar biasanya hanya menggunakan pembelajaran konvensional, guru sebagai subjek pusatnya (teacher centre). Hal ini menjadikan pembelajaran matematika tidak menarik dan anak tidak terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Sehingga pembelajaran matematika terkesan monoton dan anak hanya menerima transfer ilmu (transfer of knowledge) secara langsung dari gurunya.

Tugas sebagai guru sekolah dasar adalah bagaimana memaksimalkan pembelajaran matematika dengan merancang pembelajaran yang tepat, yaitu rancangan pembelajaran yang sesuai dengan tingkat pertumbuhan serta perkembangan anak didik. Dengan rancangan pembelajaran yang sesuai dengan tingkat pertumbuhan serta perkembangan, diharapkan mata pelajaran matematika menjadi mata pelajaran yang disukai oleh peserta didik di sekolah. Seperti yang diungkapkan oleh Sugihartono, dkk, (2008: 60) bahwa pembelajaran matematika hendaknya dilakukan secara efektif, menyenangkan dan bermakna. Idealnya, pembelajaran tersebut mampu merespon kebutuhan individual siswa.

Oleh karena itu, media diharapkan juga menjadi daya tarik bagi siswa SD dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan pemaparan tersebut, maka kami merasa tertarik untuk memperkenalkan sebuah media dalam pembelajaran matematika khususnya bagi sekolah dasar. Media ini adalah “Media Pembelajaran Matematika: Tsubasa Meter (Trik Singkat Ubah Satuan Meter)”.

Tsubasa Meter (Trik Singkat Ubah Satuan Meter) merupakan sebuah media untuk konversi satuan panjang. Media ini terbuat dari bahan-bahan sederhana dan murah seperti; karton, white board kertas, double tape, boarmarker, penggaris dan tali. Bahan-bahan ini tentunya mudah didapat baik untuk guru maupun siswa. Selain dalam ukuran besar, media ini juga dapat dibuat dalam ukuran kecil. Selengkapnya tentang tata penggunaan media ini, bisa Anda baca dan download di sini


Sumber: http://www.sekolahdasar.net/2013

Senin, 10 Juni 2013

JADWAL BARU TES SELEKSI TENAGA HONORER K2 JADI PNS

Pelaksanaan tes seleksi ujian tulis tenaga honorer kategori II (K2) menjadi Calon Pegewai Negeri Sipil (CPNS) yang semula direncanakan bulan Juli 2013 mengalami penundaan. Berdasarkan jadwal baru yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) tes seleksi tenaga honorer K2 dilaksanakan bulan September 2013.

Penundaan itu, menurut Sekretaris Kementerian PANRB Tasdik Kinanto, karena anggaran belum ditetapkan oleh Kementerian Keuangan. Selain itu, uji publik serta penelitian terhadap data tenaga honorer K2 oleh kementerian dan pemerintah daerah belum selesai.

“Menurut rencana, pelaksanaan seleksi ujian tertulis akan dilaksanakan pada bulan September 2013,” kata Tasdik ketika rapat dengar pendapat dengan Komisi II DPR RI (21/05/2013).

Tenaga honorer K2 adalah tenaga honorer yang penghasilannya dibiayai bukan dari APBN/APBD, diangkat oleh pejabat yang berwenang, bekerja di instansi pemerintah, masa kerja minimal satu tahun pada 31 Desember 2005, dan sampai saat ini masih bekerja secara terus menerus, serta usianya sekurang-kurangnya 19 tahun dan tidak boleh lebih dari 46 tahun per 1 Januari 2006.

Total tenaga honorer K2 per tanggal 13 Mei 2013 berdasarkan data Badan Kepegawaian Negara (BKN) berjumlah 559.891, yang terdiri dari 59.723 dari pusat dan 500.168 dari daerah.

Untuk pengangkatan tenaga honorer K2 menjadi CPNS sesuai dengan PP nomor 56 tahun 2012 melalui test secara tertulis dengan sesama tenaga honorer selama satu kali pada tahun 2013. Sedangkan proses pengangkatannya akan dilakukan selama dua tahun yaitu tahun 2013 dan 2014.

Materi yang diujikan pada tes seleksi honorer k2 adalah Tes Kompetensi dasar (TKD), materinya terdiri dari wawasan kebangsaan, intelegensi umum, dan karakteristik pribadi. Ditambah tes kompetensi bidang untuk tenaga kependidikan, tenaga kesehatan, dan tenaga selain tenaga kependidikan dan tenaga kesehatan.

Jadwal proses pengangkatan honorer K2 jadi CPNS
1. Juni-Juli 2013
  • Penyusunan dan penetapan kebijakan pengadaan CPNS tahun 2013
  • Pembuatan master soal dan format LJK ujian kompetensi dasar

2. Agustus 2013
  • Pencetakan LJK dan soal ujian kompetensi dasar dan pendistribusian ke Instansi
  • Pembuatan formulir pendaftaran dan tanda pengenal peserta ujian
  • Pembuatan buku petunjuk/taat tertib ujian
  • Penentuan jadwal dan tempat pelaksanaan ujian kompetensi dasar
  • Proses penomoran peserta seleksi dan pencetakan kartu tanda peserta ujian
  • Pembuatan surat undangan/pengumuman pelaksanaan seleksi sesuai listing tenaga honorer K2

3. September 2013
  • Penetapan passing grade tes kompetensi dasar dan tes kompetensi bidang
  • Pelaksanaan ujian (Kompetensi dasar dan kompetensi bidang)
  • Pengolahan LJK hasil ujian kompetensi dasar dan kompetensi bidang

4. Oktober 2013
  • Penyampaian hasil pengolahan LJK ujian kompetensi dasar dan kompetensi bidang oleh Konsorsium yang ditandatangani Konsorsium dan Panselnas
  • Pengumuman hasil pengolahan LJK ujian kompetensi dasar dan bidang dalam website www.bkn.go.id
  • Penyusunan pertimbangan teknis tenaga honorer K2 yang lulus ujian kompetensi dasar dan ujian kompetensi bidang oleh Kepala BKN

5. November 2013
  • Pengumuman kelulusan CPNS berdasarkan kompetensi dasar dan bidang
  • Penetapan formasi dan penempatan tenaga honorer K2 per instansi secara nasional berdasarkan pertimbangan Kepala BKN

6. Desember 2013
  • Pemberkasan dari instansi untuk usul penetapan NIP CPNS
  • Penetapan NIP CPNS dari tenaga honorer K2
  • Laporan monitoring dan evaluasi pelaksanaan seleksi tenaga honorer K2
  • Penyampaian NIP kepada Instansi

7. Januari 2014
  • Penetapan SK CPNS



Sumber: http://www.sekolahdasar.net/2013

Sistem Elektronik Pementauan Implementasi Kurikulum (SEPIK)



Asalamualaikum Wr.Wb, Mitra Guru Pembaharu menyampaikan informasi tentang SEPIK. Berkaitan dengan diluncurkannya kurikulum pendidikan tahun 2013 pemerintah dengan memakai domain kemdikbud.go.id meluncurkan sebuah situs baru yang diberi nama SEPIK. SEPIK adalah Sistem Elektronik Pementauan Implementasi Kurikulum. Sistem ini dikelola oleh Unit Implementasi Kurikulum 2013, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. SEPIK (Sistem Elektronik Pemantauan Implementasi Kurikulum) ini diluncurkan untuk melakukan pemantauan terhadap implementasi kurikulum yang meliputi: distribusi buku, pelaksanaan pelatihan dari Instruktur Nasional, Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, Guru Inti hingga Guru Sasaran. 
SEPIK menyediakan fitur-fitur yang diperlukan bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan untuk mengakses lebih jauh pelaksanaan pelatihan. Berikut keterangan yang saya dapatkan dan copas dari tentang di situsnya
Fungsi utama SEPIK adalah :
  1. Menampilkan Informasi untuk Publik secara detil mengenai 6.325 Sekolah Sasaran, 74.289 PTK Sasaran, Jadwal dan Lokasi Pelatihan di 6 Region dan 31 LPMP.
  2. Memantau Status Distribusi Paket Buku ke LPMP dan sekolah sasaran Kurikulum 2013 sebagai e-livereport.
  3. Memantau Status Keterlaksanaan Pelatihan Instruktur Nasional, PTK Inti dan PTK Sasaran di LPMP sebagai e-livereport.

SEPIK berada di server fasilitas awan (Clouds) Jardiknas Pustekkom dengan nama sub-domain kurikulum.kemdikbud.go.id. SEPIK dapat diakses oleh kelompok operator dengan tingkat dan hak akses (Privilage) yang telah diatur oleh Administrator.


Meskipun datanya Masih Dalam Proses Verifikasi, tidak ada salahnya bila kita mencoba untuk menelusurinya.

Untuk mengetahui apakah Anda atau lembaga Anda menjadi sasaran SEPIK bisa telusuri link berikut

Sabtu, 08 Juni 2013

SITUS UNTK MELIHAT PENGUMUMAN HASIL UN SD

Situs Untuk Melihat Pengumuman Hasil UN SD
Sabtu, 8 Juni 2013 hasil Ujian Nasional (UN) untuk Sekolah Dasar (SD) diumumkan. Pengumuman hasil UN untuk SD dan sederajat ini dilakukan oleh masing-masing satuan pendidikan (sekolah). Bagi orang tua atau siswa yang ingin melihat pengumuman hasil UN SD tahun ini bisa dilihat secara online di situs yang beralamat http://www.simdik.info/UN2012/siswa.aspx/

Sayangnya situs yang diberi nama Sistem Informasi Manajemen Pendidikan itu hanya memberikan informasi pengumuman hasil UN online untuk wilayah provinsi DKI Jakarta. Untuk melihat hasil pengumuman UN, setelah membuka alamat situs di atas maka klik di bagian bawah halaman yang bertuliskan "Saya memahami dan menyetujui kriteria di atas".

Setelah itu, akan muncul halaman baru. Pilih tingkatan dengan "SD/MI" untuk melihat hasil UN SD dan sederajat. Terakhir isi nomor peserta dan tanggal lahir dan klik "Lihat Hasil". Pengumuman hasil UN SD bisa dilihat mulai pukul 10.00 WIB.

Pengumuman kelulusan UN untuk tingkat SD/MI memang berbeda dengan tingkat SMP dan SMA/SMK. Jika hasil kelulusan SMP dan SMA/SMK diumumkan secara serentak se-Indonesia, untuk pengumuman kelulusan UN SD tergantung dari pemerintah daerah provinsi. Misalnya, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta mengumumkan hasil UN lebih awal pada 1 Juni 2013, ini lebih cepat dari jadwal nasional yaitu 8 Juni 2013. 


Kamis, 06 Juni 2013

GURU TAK PERLU LAGI MENYUSUN SILABUS



Pemerintah atau Kementerian pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) akan mengambil alih pembuatan silabus pada kurikulum 2013. Alasan silabus akan disusun oleh Kemendikbud karena pelaksanaan kurikulum sebelumnya yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di lapangan selama ini masih kedodoran. Ini disebabkan oleh kemampuan guru yang beragam dalam membuat silabus. 

Mendikbud, Muhammad Nuh juga menilai ada guru yang tidak bisa menyusun silabus. Ini dikatanya pada Jumat (21/12/2012) di Jakarta seperti dilansir dari Kompas.com. "Variasi sekolah dan guru itu luar biasa. Ada yang bisa membuat silabus, ada juga yang tidak. Jadi, kalau guru diwajibkan bikin silabus, ya remek," kata Nuh.

Pada kurikulum baru yang akan diterapkan Juni 2013, guru tak perlu repot-repot lagi untuk membuat silabus untuk pengajaran terhadap anak didiknya. Silabus merupakan program pembelajaran yang akan dijadikan dasar untuk membuat rencana pembelajaran.

Pembahasan silabus sendiri sudah dilaksanakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kemdikbud pada awal Desember. Penyusunan silabus melibatkan para guru, dosen dan ahli pendidikan. Setelah silabusnya rampung disusun, selanjutnya dilakukan proses penggandaan buku pelajaran.

KTSP memberikan peluang kepada sekolah dan guru untuk menyusun silabus dan menjalankan proses pembelajaran dianggap membuat pengawasan dan kontrol pendidikan jadi sulit. Kurikulum yang saat berjalan membuat sekolah dan guru berwenang menyusun silabus dan menjalankan proses pembelajaran sesuai dengan cara yang diketahuinya sendiri-sendiri.

Mendikbud juga menilai dengan beragamnya kemampuan guru dalam menyusun silabus menyebabkan banyak bermunculannya Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan konten tak sesuai yang berdampak pada anak didik. Itu disebabkan kemampuan guru dalam membuat soal latihan untuk anak didik kadang terbatas sehingga menggunakan LKS sebagai pilihannya.

"Munculnya LKS itu kan karena guru kadang susah membuat soal. Kami juga tidak bisa apa-apa karena kan sudah diserahkan pada sekolah," kata Mohammad Nuh. 


Setiap Tahun Buku Pelajaran SD Akan Diganti Baru

Setiap Tahun Buku Pelajaran SD akan Ganti Baru
Buku teks pelajaran yang akan dipakai untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) di Kurikulum 2013 akan berlaku sekali pakai. Untuk tahun berikutnya, pemerintah akan mencetak buku baru. Setiap tahun akan dicetak buku pelajaran baru untuk SD. 

Kepala Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan Kemdikbud Ramon Mohandas di Jakarta menjelaskan bergantinya buku pelajaran SD tiap tahun ini terkait dengan bentuk evaluasi peserta didik pada Kurikulum 2013.

“Buku akan dicetak tiap tahun karena buku untuk SD tidak bisa digunakan untuk (peserta didik) berikutnya karena sudah dicoret-coret,” kata Ramon dikutip dari Republika (06/06/2013).

Evaluasi peserta didik pada kurikulum baru yang memakai metode tematik integratif dilakukan melalui penelian portofolio. Pengukuran dilakukan secara autentik atas apa yang peserta didik lakukan dan dinilai secara kualitatif. 

“Semua aktivitas mereka dikumpulkan oleh guru dan bisa dilihat prosesnya dengan tugas yang diberikan,” kata Ramon.

Pada Kurikulum 2013 buku pelajaran SD dibuat oleh tim penyusun yang dibentuk Kemendikbud. Pemerintah akan mencetak buku sebanyak jumlah peserta didik dan membagikannya secara gratis. Pengadaan buku untuk jenjang SD ditanggung penuh oleh pemerintah.

Saat ini menurut Ramon, buku yang dicetak baru untuk semester 1 sebanyak 5 buku masing-masing terdiri atas satu buku agama dan empat buku tema. Mulai tahun ajaran baru 2013/2014 yang dimulai Juli mendatang, Kurikulum 2013 hanya diterapkan pada kelas 1 dan 4.

“Seharusnya untuk satu tahun kelas 1 ada 8 tema dan kelas 4 ada 9 tema. Tapi sekarang yang dikembangkan baru 4 buku pertama saja. Buku semestar kedua dikembangkan setelah ini selesai semua dan akan digunakan Januari tahun depan,” jelas Ramon. 


Sumber: Republika (06/06/2013)

KALENDER PENDIDIKAN TAHUN 2013-2014 PROPINSI JAWA TIMUR

Mitra Guru Pembaharu menyampaikan salam Selamat Datang Tahun Pelajaran 2013-2014 dan mudah-mudahan akan membawa angin segar bagi dunia pendidikan serta mejadikan kita menjadi lebih profesional,  dan  Tahun pelajaran 2012/2013 tinggal hitungan hari, selanjutnya akan memasuki tahun pelajaran baru 2013/2014 yang dimulai pertengahan Juli 2013. Untuk mempersiapkan kegiatan-kegiatan pendidikan tahun depan dibutuhkan kalender pendidikan tahun pelajaran 2013/2014 sebagai acuan. 

Kali ini Mitra Guru Pembaharu akan berbagi Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2013/2014. Dengan memiliki kalender pendidikan ini, Bapak Ibu guru bisa membantu dalam penyusunan Program Tahunan (Prota), Program Semester (Promes), Rencana Ja dan sebagainya.

Tahun pelajaran 2013/2014 ini juga dimulai implementasi Kurikulum 2013 di sekolah terpilih. Penerapan Kurikulum Tematik Integratif bagi Sekolah Dasar (SD) ini dilaksanakan secara bertahap, ditargetkan berlaku penuh tahun 2015. Selengkapnya Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2013/2014 dapat didownload di tuatan berikut ini:


Tahun ajaran baru harus disambut dengan semangat baru, dengan perencanaan serta target. Apa saja rencana dan target yang Bapak Ibu ingin lakukan dan capai di tahun 2013/2014 khususnya berkaitan dengan profesi Bapak Ibu? Jangan lupa tulis di kolom komentar 


Sumber: http://www.sekolahdasar.net

Selasa, 04 Juni 2013

Periode VER VAL NUPTK dan Pengajuan NUPTK bagi PTK yang belum memiliki.




Mitra Guru Pembaharu ingin menyampaikan informasi tentang waktu yang dipergunakan VERVAL Ulang NUPTK yang dimulai  3 Juni 2013 sampai dengan 30 September 2013, jadi kepada semua PTK yang sudah memiliki NUPTK jangan sia-siakan waktu yang sudah terjadwal tersebut kalau tidak ingin NUPTKnya menjadi Non Aktif.

Bagi semua PTK yang baru menemukan Blog ini dapat di buka pada Arsip Blog 26 Mei - 2 Juni  tentang panduan VERVAL NUPTK 2013, ALUR LOGIN PADAMU NEGERI dan PROSEDUR PEMUTAKHIRAN DATA NUPTK  yang telah kami persembahkan kepada seluruh pembaca.

Surat Aktivasi Akun Login Layanan PADAMU NEGERI tingkat Admin Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dapat diambil di LPMP setempat. Dan Surat Aktifasi Akun Login PADAMU NEGERI setiap sekolah dapat diambil ke Admin Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota masing-masing.

Perlu dipahami dan dimaklumi bahwa proses distribusi Surat Aktivasi Akun Login ke setiap Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan ke seluruh sekolah masih berlangsung selama bulan Juni 2013 sesuai kondisi wilayah masing-masing. Mohon kerjasama semua pihak untuk saling mendukung dan bersinergi membantu proses distribusi Surat Aktifasi Akun Login dimaksud.
Perlu kami sampaikan pula bahwa pelaksanaan proses Pengajuan NUPTK baru bagi PTK yang belum memilikinya akan dibuka mulai hari Senin tanggal 24 Juni 2013. Syarat dan ketentuan pengajuan NUPTK baru dimaksud akan diinformasikan dalam waktu dekat di situs ini.
Mitra Guru Pembaharu menyampaikan salam persahabatan, dan segera sampaikan pada rekan -rekan yang lain. Semoga Bermanfaat.

Minggu, 02 Juni 2013

Sesditjen Gugah Rasa Kepemilikan Kadis Terhadap Dapodik

Sesditjen Gugah Rasa Kepemilikan Kadis Terhadap Dapodik

Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dr. Thamrin Kasman.
Bogor (Dikdas): Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dr. Thamrin Kasman menggugah rasa kepemilikan kepala dinas pendidikan provinsi, dan kabupaten/kota terhadap Data Pokok Pendidikan (Dapodik). 

“Marilah kita bersama-sama merasa memiliki terhadap Dapodik ini. Ini bukan hanya milik kementerian, tapi milik kita semua,” ujar Thamrin Kasman kepada 185 kepala dinas, peserta Rapat Koordinasi Pendataan Pendidikan Dasar Angkatan III, di Hotel Salak, Jl Ir. H. Juanda No 8, Bogor, Kamis malam (30/05).

Karena itu, lanjut Thamrin Kasman, bila tiga entitas data yaitu pendidik dan tenaga kependidikan, satuan pendidikan dan peserta didik yang ada di wilayah kepala dinas masih ada yang belum didata, hendaknya kepada dinas segera menghimbau kepada kepala sekolah yang bersangkutan agar segera melakukan pendataan melalui sistem Dapodik.

“Bapak dan ibu, kami sangat berterima kasih bila bapak-ibu berkenan menghimbau kepala sekolah di wialayah bapak-ibu,” tambah Thamrin Kasman.

Upaya Thamrin Kasman menggugah kesadaran kepala dinas tersebut, tak lepas dari kualitas Dapodik.

“Kita sudah menginjak tahun kedua. Memang dari sisi jumlah, itu sudah menggembirakan. Namun di lain pihak. ketika kita akan mengunakannya sebagai referensi perencanaan dan pengambilan keputusan, ternyata masih ada hal-hal yang kurang, misalkan untuk siswanya itu masih ada yang kurang. PTK dan satuan pendidikan juga demikian. Namun demikian, kita harus bangga terhadap kinerja kita. Ini pekerjaan kita semua. Bukan hanya kementerian,” ujar Thamrin Kasman, seraya mengatakan bahwa kebijakan pendidikan ditetapkan berdasarkan dua hal; pertama, adalah fakta, dan yang kedua, adalah nilainya. “Bila dua hal ini sudah dimiliki, maka semua pengambilan keputusan akan lebih bagus.”

sumber: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar