Halaman

Total Tayangan Halaman

Minggu, 12 Mei 2013


Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMP-PMP) telah merilis Pedoman Uji Kompetensi Guru 2013. Pedoman ini disusun sebagai acuan bagi peserta Uji Kompetensi Guru (UKG) dan penyelenggara UKG di Kabupaten/Kota.

UKG dilaksanakan dengan tujuan untuk pemetaan kompetensi guru. UKG sebagai salah satu persyaratan mengikuti Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). UKG 2013 juga sebagai entry point Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).

Dalam buku pedoman yang ditanda tangani oleh Kepala BPSDMPK-PMP, Syawal Gultom, itu menjadi acuan pelaksanaan UKG 2013. Guru mempunyai kedudukan sebagai tenaga profesional, ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. UKG dimaksudkan untuk mengetahui peta penguasaan guru pada kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional.

Soal UKG dikembangkan oleh Tim Ahli dengan bentuk soal obyektif tes jenis pilihan ganda dengan 4 opsi pilihan jawaban. Komposisi instrumen tes adalah 30% kompetensi pedagogik dan 70% kompetensi profesional dengan waktu pengerjaan soal ujian adalah 120 menit dan jumlah soal maksimal 100 butir soal. 

UKG dilaksanakan menggunakan dua sistem yaitu sistem online dan sistem manual. Sistem online dilaksanakan pada daerah yang terjangkau jaringan internet dan memiliki laboratorium komputer. Sistem manual dilaksanakan pada daerah yang tidak terjangkau jaringan internet dan tidak memiliki laboratorium komputer.Beberapa Bab yang ada pada Pedoman Uji Kompetensi Guru antara lain:

PELAKSANAAN UKG ONLINE
A. Aturan Pelaksanaan UKG Online
B. Penyiapan Perangkat dan Registrasi Peserta
C. Petugas UKG Online
D. Pengendalian Soal
E. Tata Cara Mengikuti Ujian online
F. Aturan Pelaksanaan UKG Online
G. Jadwal Pelaksanaan UKG Online

PELAKSANAAN UKG MANUAL
A. Aturan Pelaksanaan UKG Manual
B. Pengamanan Soal
C. Petugas UKG Manual
D. Pengawasan UKG dan Pengendalian Soal
E. Tata Cara Mengikuti Ujian Manual
F. Jadwal Pelaksanaan UKG Manual

Buku pedoman UKG 2013 juga disertai dengan lampiran-lampiran lain, seperti; Tabel jadwal pelaksanaan UKG online dan manual, rincian jumlah peserta UKG 2013 setiap provinsi dan foramt kartu peserta UKG. Selengkapnya buku Pedoman UKG 2013, bisa didownload di sini

SekolahDasar.Net 12 Mei 201


Sumber: http://www.sekolahdasar.net/2013/05/pedoman-pelaksanaan-uji-kompetensi-guru.html#ixzz2T50pukZD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar