Halaman

Total Tayangan Halaman

Jumat, 10 Mei 2013

MODEL - MODEL BELAJAR




BELAJAR KUANTUM (QUANTUM LEARNING)
Istilah Kuantum secara harfiah berarti kualitas sesuatu, mekanis 
(yang berkenaan dengan gerak). Quantum Learning merupakan seperangkat metode dan falsafah belajar.

Quantum learning ialah kiat, petunjuk, strategi, dan seluruh proses belajar yang dapat meningkatkan pemahaman dan daya ingat, serta membuat belajar sebagai suatu proses yang menyenangkan dan bermanfaat. Metode belajar ini muncul untuk menanggulangi masalah kebosanan.
Quantum learning berakar dari upaya Lozanov (pendidik berkebangsaan Bulgaria) dengan eksperimennya tentang suggestopedia. Prinsipnya bahwa sugesti dapat mempengaruhi hasil belajar dan setiap detil apapun memberikan sugesti positif atau negatif.
Teknik yang digunakan untuk memberikan sugesti positif adalah sebagai berikut:READ MORE



Belajar Tematik (Thematic LEARNING)

Belajar tematik adalah suatu kegiatam belajar terpadu yang dirancang berdasarkan ide pokok (tema), yang mengaitkan beberapa bidang studi dengan tema yang sama sehingga dapat memberikan pengalaman yang bermakna kepada peserta didik. Pappas  yang dikutip oleh Anitah (2007) mengatakan bahwa pembelajaran tematik adalah pembelajaran yang digunakan guru untuk mendorong keaktifan siswa dalam kegiatan yang difokuskan dalam satu topik (tema) yang disenangi siswa. Belajar tematik disajikan secara utuh dan menyeluruh bukan dari bagian-bagian yang terpisah.
Prinsip-prinsip belajar tematik:READ MORE






Beberapa ahli berpendapat bahwa model pembelajaran ini unggul dalam membantu siswa memahami konsep konsep yang sulit. Para pengembang model ini telah menunjukkan bahwa model struktur penghargaan kooperatif telah dapat meningkatkan penilaian siswa pada belajar akademik, dan perubahan norma yang berhubungan dengan hasil belajar.READ MORE





Belajar kolaboratif adalah suatu kegiatan belajar antara dua orang atau lebih yang dilakukan secara bekerja sama dalam suatu kelompok untuk memecahkan suatu masalah guna mencapai tujuan tertentu. Inti dari belajar kolaboratif yatu adanya kerja sama antara dua orang siswa atau lebih, memecahkan masalah secara bersama-sama, dan adanya tujuanyang ingin dicapai.
Ada dua unsur penting dalam belajar kolaboratif yaitu tujuan yang sama dan rasa ketergantungan yang positif antar anggota kelompok. Oleh karena itu untuk mencapai tujuantertentu setiap siswa harus mempunyai rasa ketergantungan yang positif maksudnya setiap anggota kelompok akan berhasil mencapai tujuan apabila seluruh anggotanya bekerja sama.READ MORE






























Tidak ada komentar:

Posting Komentar