Total Tayangan Halaman

Kamis, 30 Mei 2013

Instruktur Nasional Jalani Pelatihan di Minggu Ke-2 Juni 2013


05/30/2013 (All day)
Salatiga --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menyampaikan, pelatihan untuk instruktur nasional kurikulum 2013 akan dilakukan pada minggu ke-2 Juni hingga awal Juli. Instruktur nasional tersebut setelah dilatih selama satu minggu akan melatih guru inti.
“Mulai 10 Juni kita sudah mulai pelatihan instruktur nasional. Kenapa lakukan di waktu tersebut? Karena prei (libur),” kata Mendikbud usai menjadi keynote speakerpada seminar "Establishing Peace Cultire Through Peace Education In Indonesia, di Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, Jawa Tengah, Rabu (29/5).
Pelatihan terhadap guru-guru pelaksana kurikulum 2013 akan dilakukan secara bertahap. Guru inti yang telah dilatih oleh instruktur nasional selama satu minggu, nantinya akan melatih guru-guru di sekolah sasaran di minggu berikutnya. Tidak hanya guru, Kepala Sekolah dan pengawas juga akan dilatih. “Ini tidakkesusu (tergesa-gesa), memang sudah disiapkan. Jadi pelatihan ini hanya pintu masuk,” ujarnya.
Setelah jalani pelatihan, guru-guru pelaksana kurikulum 2013 tetap mendapat pendampingan selama mengajar satu semester. Saat ditanya apakah waktu pelatihan yang hanya satu minggu cukup sebagai modal guru menjalankan kurikulum 2013, Mendikbud yakin waktu tersebut cukup. “Kalau ditanya cukup atau tidak, KTSP ga pake pelatihan saja bisa jalan,” katanya.
Mantan rektor ITS ini yakin para guru dapat dilatih dalam waktu singkat. Karena pada dasarnya guru-guru tersebut sudah biasa mengajar. “Mereka kan biasa ngajar, di pelatihan ini mereka diberi pengarahan tentang perubahan cara mengajar saja,” tandasnya. (AR/RM)

Sumber: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan RI